Sabtu, 24 Maret 2012

Langkah membuat design logo

Ada beberapa hal yang harus di pertimbangkan sebelum membuat hasil karaya dalam bentuk designs logo :

1. Memperbarui logo Anda, berarti memperbarui di mana-mana
     Tidak hanya ini akan memerlukan biaya yang besar, tetapi juga adalah upaya besar demikian pula waktu pengerjaan. Setiap bagian dari bahan atau halaman web online yang mewakili perusahaan Anda harus diperbarui. Website saya lainnya baru-baru ini melakukan perubahan logo dan kami memiliki lebih dari 300 halaman yang berbeda.
     Butuh waktu beberapa minggu beserta banyak rekan kami menuntaskan pekerjaan redesain logo yang berefek domino, pun lagi situs tersebut harus disesuikan tampilan desain web nya dengan logo baru oleh web programmer dengan waktu dan biaya yang cukup banyak. Jika Anda tidak siap secara finansial, tenaga, waktu dan konsep untuk membuat komitmen ini, jangan melakukan proyek ini.

2.  Sederhana itu baik
     Desain yang rumit dapat menyulitkan konsumen untuk memahami, terutama di era ini yang multikultural (dan tidak hanya orang Indonesia dan Inggris saja yang berbicara) masyarakat. Pada dasarnya, kemudahan memahami desain tidak hanya membantu pengenalan merek dan kesadaran sebuah brand, tetapi juga dapat dianggap lebih mudah dari sudut pandang kepraktisan ketika berkaitan dengan hal-hal seperti ketika dibandingkan dengan membuat logo Anda harus dicetak dengan beberapa warna dan ukuran yang besar.
  
3. Makna identitas yang dikomunikasikan
    Perbanyak waktu Anda untuk mempertimbangkan dan merenungkan apa hal yang harus dikomunikasikan oleh logo Anda dan makna penting di balik itu. Bisnis saya bersama beberapa kawan dikenal karena kecepatan pelayanan jasa desainnya. Jasa desain tersebut diyakini cukup baik dalam standart desain, proses interaksi dengan konsumen mudah, harga cukup bisa dianggap murah ( harga wah Indonesia ternyata murah bagi mereka -klien ).
    Konsep designs ketika ada proses brief cepat dibuat karena banyak desainer sedia untuk memikirkannya. Jaminan jasa desain yang cepat, tepat dan murah. Kami memikirkan betul apakah logo tersebut sudah sesuai dengan apa yang kami butuhkan dan kami impikan.

4. Pastikan logo Anda berarti hal yang sama ke budaya lain
    Sebuah designs logo sign dan warna tertentu mungkin berarti satu hal untuk khalayak Indonesia, USA dan, artinya sesuatu yang sama sekali berbeda jika dilihat oleh mereka yang berkebangsaan lain. Hal ini bisa menjadi sangat baik dengan adanya pemahaman dan arti yang sama sekali berbeda. Kadang-kadang hal ini juga dapat menjadi suatu hal yang sangat besar, misalnya ikan koi logo perusahaan sangat bermanfaat untuk pemasaran kepada pelanggan mereka yang berada di Cina dan Jepang. Mereka mempunyai budaya menghormati koi, tetapi kadang-kadang makna ini bisa mempunyai efek merugikan karena perbedaan pemahaman dan arti.
    Terutama jika perusahaan Anda banyak berurusan dengan berbagai kelompok etnis atau mencakup internasional, sangat layak kita memberikan waktu untuk memastikan bahwa logo tersebut berarti apa yang itu seharusnya berarti sama untuk semua orang. Kesamaan pemahaman dan arti akan membuat kita mudah dalam melangkah.
    Filosofi makna dan warna haruslah dipikirkan secara matang dan dapat dipastikan benar begitu artinya. Lagi-lagi maslah komunikasi visual menjadi penting dan krusial.

5. Beberapa warna berarti menambah biaya
    Designs logo yang berwarna-warni mungkin terlihat keren dan terlihat lebih memikat pandangan setiap mata orang, hal ini juga penting untuk mempertimbangkan kepraktisan desain. Untuk setiap warna tambahan yang dimiliki logo Anda, ada tambahan biaya setiap kali Anda mereproduksi yang logo. Terutama yang berkaitan dengan cetak seperti kartu ucapan, t-shirt, brosur, banner, kemasan atau apa pun itu. Setiap jasa percetakan atau proses produksi massal akan memiliki biaya tambahan untuk warna tambahan

6. Rencana menggunakan logo dengan benar.
    Merencanakan beberapa variasi dari Logo Anda tergantung pada penggunaan, letak, proporsi, warna latar belakang, dll. Seperti apakah logo Anda akan terlihat ketika diletakkan pada latar belakang putih, pada latar belakang hitam atau berwarna? Perubahan warna logo Anda apakah diperbolehkan? Pemilik bisnis harus bekerja dengan para desainer untuk menciptakan pedoman penggunaan merk atau aturan untuk menentukan apa yang benar atau salah dalam penggunaan logo baru.
    Kita mengenalnya dengan sebutan graphic standart manual atau juga bisa menggunakan istilah brand identity guideline. Dipakai saat kita harus meletakkan designs logo pada sebuah media. Serangkaian peraturan dimuat dalam pedoman penggunaan logo yang dimaksudkan agar tidak ada ambiguitas dan kebingungan masyarakat terhadap logo brand baru.

7. Banyak versi untuk kegunaan yang berbeda
    Apakah logo Anda beberapa warna ? Apa desainer Anda membuat designs logo versi b & w atau versi satu warna yang dapat digunakan untuk diletakkan pada t-shirt berwarna putih sebagai langkah memangkas anggaran atau cara penghematan daripada menggunakan beberapa warna ? Anda mungkin juga akan membutuhkan satu versi desain dari logo Anda berwarna putih atau terang dengan latar belakang berwarna dan warna gelap.
    Format gambar vektor akan memudahkan Anda juga karena mereka tidak pecah saat diperbesar. Secara default logo Anda harusnya mempunyai beberapa format file sehingga dapat dipakai pada tugas-tugas khusus. Misal eps, jpg, ai, cdr, svg, wmf, dan png transparan. Format file eps vektor diperlukan dipakai untuk media cetak. Format bitmap JPG file akan diperlukan untuk situs web, dan png file dapat digunakan dalam aplikasi Microsoft office seperti Word dan Powerpoint.
Anda mungkin tidak menggunakannya sekarang, karena tidak butuh atau belum diperlukan, namun pada saatnya nanti akan berguna terutama pada saat Anda membuat desain yang memerlukan tampilnya logo pada desain tersebut.

8. Kemudahan keterbacaan
    Jika logo berupa logotype atau lebih mudahnya logo terdiri dari tulisan yang diubah sedemikian rupa sehingga lebih estesis perlu dites apakah sudah tepat jarak, ukuran dan bentuknya. Apakah mudah dibaca pada ukuran kecil (secara default 18pt font). Apakah logo tersebut bisa dibaca atau dikenali oleh mata tua ? Apabila konsumen Anda adalah para manula dan mereka yang tidak lagi mampu membaca tulisan dengan baik sebaiknya ini menjadi checklist penting. Jika logo tersebut sudah bisa dibaca dengan legibilitas dan readabilitas cukup sudah layak logo tersebut masuk dalam daftar pakai logo untuk perusahaaan Anda.

9. Pentingkan Fungsi bukan sekedar inovasi
    Memang designs logo tidak akan selamanya dipakai karena telah beralih makna dan kadang terlihat terlalu tua karena masa telah berganti. Janganlah memikirkan asal keren, beken dan menarik saja. Apa fungsi dibalik logo tersebut harus di redesign. Apakah sudah layak ? Jika logo di redesign agar fungsi komunikasi dan peningkatan brand semakin menguat, lakukan saja. Karena itulah yang dicari pada intinya.
    Penguatan brand menjadi titik akhir sebuah logo wajib redesign. Masih ingatkah Anda tentang logo coca-cola yang beberapa kali redesign logo ? Atau masih ingatkah Anda dengan logo shell yang berulangkali meredesign logo mereka agar sesuai dengan target konsumen mereka tanpa melupakan ciri khas logo yang lama berupa cangkang kerang ? Sebenarnya mereka berupaya dengan gigih memperkuat fungsi, mudah diingat dan sederhana.

10. Keunikan Logo
      Bila logo Anda mirip dengan logo kompetitor atau logo Anda ada yang menyerupai sebaiknya memang meredesain logo Anda. Ya, tentu Anda bisa berupaya ke arah hukum namun itu juga bagai buah simalakama. Jika data kurang lengkap dan pembuktian kurang cukup, hanya akan memperparah keadaan.
     Jika logo Anda sudah unik pada awalnya, namun masih saja ada yang berupaya meniru maka jalur hukum merupakan jalur efisien (misalnya logo starbucks yang sudah berulang kali dicuri ide dan stylenya). Namun, jika Anda enggan untuk menanggapinya maka perkuat brand dengan menambahkan sedikit disana dan mengurangi sedikit disini. Hal ini akan membuat logo Anda semakin unik dan beda dengan lainnya. Warna, bentuk, skala, dan peletakan logo menjadi hal penting pada proses ini.

12. Percaya bahwa logo indah pada masanya
      Lagi-lagi perlu dipertimbangkan secara menyeluruh bahwa logo hanya indah pada masanya. Apakah Anda mempunyai anak cabang perusahaan baru ? punya divisi perusahaan baru ? berpindah kepemilikan ? Anda baru saja mengubah visi dan misi perusahaan ? Perusahaan Anda beralih core badan usaha ? Jika Anda menjawab YA, maka sudah sepatutnya Anda meredesign logo.
     Tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk redesign logo. Ada rangkaian proses panjang menyertainya. Ada banyak analisa yang penting menjadi alasan kenapa Anda harus redesign logo. Untuk masalah ini sebaiknya Anda mempercayakan kepada ahlinya, konsultan brand. Nah, untuk hal ini secara cermat Anda wajib memilah dan memilih mereka yang kompeten dan jujur dalam analisa. Banyak dari mereka dengan upaya yang samar berupaya untuk mengganti logo Anda tanpa Anda sadari. Mereka butuh uang.
     Mungkin ada banyak pertimbangan lain dalam meredesain logo yang tidak dibahas disini. Berbagilah dengan kami masalah dan pengalaman Anda dengan demikian kami bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas apa pertimbangan meredesain logo.

Dari sekian banyak software grafis, ada software baru yang sekiranya mungkin dapat berguna

silahkan download : download

Semoga berguna,

1 comments: